Media Pembelajaran Grafis

Media grafis sanggup didefinisikan sebagai media pengajaran yang mengkombinasikan fakta-fakta, gagasan-gagasan secara terperinci dan berpengaruh melalui perpaduan antara ungkapan kata-kata dan gambar (Sudjana 2007).

Nilai media grafis terletak pada kemampuan dalam menarik perhatian, minat dalam memberikan jenis informasi tertentu secara cepat. Peran utamanya ialah memvisualisasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan dalam bentuk yang ringkas dan padat. Misalnya sebuah gambar sistem tata surya, sanggup memperlihatkan nama-nama planet dan satelit pengiringnya.

Daya imajinasi siswa sanggup ditimbulkan dengan menata dan menyusun unsur-unsur visual dalam materi pengajaran. Menurut Sudjana (2007) dalam merancang media grafis perlu memperhatikan beberapa patokan sehingga sanggup berkhasiat untuk sumber berguru siswa antara lain:

(1) Kesederhanaan
Dalam tata letak (lay out) media pengajaran tampak pada gambar yang cukup besar dan terperinci rincian pokoknya. Perhatian siswa harus dipusatkan pada gagasan pokok atau inti pelajaran.

(2) Keterpaduan
Hal itu sanggup dicapai dengan mempergunakan unsur-unsur yang saling tumpang tindih, penggunaan panah-panah penunjuk arah dan unsur-unsur lain menyerupai garis, bentuk, tekstur, warna dan ruang, semoga siswa yang membacanya menjadi lebih jelas.

(3) Penekanan
Penyajian visual bersifat tunggal dengan satu gagasan pokok dan memerlukan pengutamaan pada hanya satu unsur saja yang justru memerlukan titik perhatian dan minat siswa.

(4) Keseimbangan
Keseimbangan ada  dua yaitu keseimbangan formal tampak pada susunan unsur-unsur visualnya terbagi dua bab yang sama sebangun. Sedangkan keseimbangan asimetris unsur-unsur visualnya ditata sedemikian rupa seimbang tetapi tidak simetris. Dengan demikian gambar akan tampak lebih hidup dan menarik perhatian siswa.

(5) Garis
Fungsi garis sebagai unsur visual ialah sebagai penuntun bagi para siswa dalam mempelajari rangkaian konsep, gagasan, makna atau isi pelajaran yang tersirat di dalam media visual yang di pertunjukkan.

(6) Bentuk
Perlu diperhatikan dalam merancang media pengajaran suatu bentuk yang tidak lazim, sanggup memperlihatkan perhatian secara khusus kepada media visual, maka media pengajaran semacam itu bisa menarik minat para siswa secara efektif.

(7) Ruang
Merupakan unsur visual yang penting dalam merancang media pengajaran. Ruang terbuka yang mengelilingi unsur-unsur visual dan kata-kata, akan menghindari kesan berdesakan.

(8) Tekstur
Tekstur ialah unsur visual yang memungkinkan timbul suatu kesan agresif atau halusnya permukaan.

(9) Warna
Merupakan penambahan yang penting untuk sebagian besar media visual, tetapi pemakaiannya harus irit dan hati-hati bila menghendaki dampaknya yang terbaik.

Penggunaan media grafis dalam proses berguru mengajar perlu memperhatikan keterbacaan visual dan segi artistiknya sehingga sanggup meningkatkan efektivitas hasil berguru dan daya tarik serta motivasi berguru siswa.

Skenario Pembelajaran
Pelaksanaan penggunaan media grafis memiliki beberapa tahap pembelajaran yaitu sebagai berikut.

(1) Penyampaian materi pelajaran
Pada tahap ini materi atau materi pelajaran diperkenalkan melalui penyajian kelas yaitu memakai media grafis. Dalam penyajian materi, guru atau pengajar yang memperlihatkan materi harus benar-benar fokus pada media gafis yang akan diajarkan. Siswa harus benar-benar memperhatikan, mengamati dan mencatat dari media gambar yang diberikan oleh guru.

(2) Kegiatan pembelajaran
Setelah materi selesai disajikan kemudian siswa diberi rangsangan semoga siswa aktif dengan memperlihatkan kesempatan berfikir, bertanya, diskusi kecil, dari hasil mencatat dan pengamatan wacana media gambar tersebut. Kemudian guru memperlihatkan feedback atau balikan kepada siswa untuk memotivasi siswa berguru memakai media grafis dengan cara membuat suasana yang menyenangkan.

(3) Evaluasi
Menarik kesimpulan yang dilakukan oleh guru atau siswa kemudian memberikan kesempatan pada siswa untuk menanggapi kembali mata pelajaran yang telah disampaikan guru dengan menghubungkan dengan topik lain. Setelah semuanya selesai siswa diberi soal aplikasi atau kiprah tertentu yang merupakan rangsangan semoga siswa belajar.

Related : Media Pembelajaran Grafis

0 Komentar untuk "Media Pembelajaran Grafis"

DUKUNG KAMI

SAWER Ngopi Disini.! Merasa Terbantu Dengan artikel ini? Ayo Traktir Kopi Dengan Cara Berbagi Donasi. Agar Kami Tambah Semangat. Terimakasih :)